Nama Sekolah : SMA
Kelas/Semester : XI IPA/1
Mata pelajaran : Biologi
SK : 2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya dalam konteks salingtemas
KD : 2.1. Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
Materi Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan | 1. Melakukan pengamatan terhadap preparat awetan dan gambar untuk mengidentifikasi struktur jaringan 2. Membandingkan hasil pengamatan dengan berbagai referensi 3. Mengidentifikasi macam-macam jaringan tumbuhan melalui preparat awetan dan gambar 4. Melakukan diskusi untuk mengetahui ciri dan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan 5. Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok 6. Melakukan diskusi untuk membuat tabel perbandingan akar, batang, dan daun tumbuhan monokotil dan dikotil 7. Siswa melakukan kegiatan praktikum untuk mempelajari proses transport tumbuhan 8. Mendiskusikan hasil praktikum dan membuat laporan praktikum | Produk 1.Gambar penampang melintang akar, batang dan daun tumbuhan dikotil dan monokotil 2.Laporan praktikum plasmolisis sel 3.Laporan praktikum system transport pada tumbuhan Proses 1.Menjelaskan struktur jaringan epidermis, parenkim palisade, parenkim spons dan jaringan pembuluh pada daun 2. Menjelaskan fungsi jaringan epidermis, parenkim palisade, parenkim spons dan jaringan pembuluh pada daun 3.Menunjukkan letak jaringan epidermis, korteks, dan jaringan pembuluh pada preparat penampang melintang batang dan akar dikotil dan monokotil 4.Menjelaskan fungsi jaringan epidermis, korteks dan jaringan pembuluh pada batang dan akar 5.Menjelaskan perbedaan struktur jaringan daun, batang dan akar pada tumbuhan dikotil dan monokotil Psikomotor 1.Terampil melakukan pengamatan preparat menggunakan mikroskop 2.Terampil melakukan praktikum plasmolisis sel 3.Terampil melakukan praktikum sistem transport pada tumbuhan Afektif: Karakter Jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan mendengarkan pendapat teman dan keselamatan kerja dalam pengamatan struktur jaringan tumbuhan Keterampilan Sosial Bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran struktur dan fungsi jaringan tumbuhan | Tes Tes Tes Tes Pengamatan Pengamatan | Tes Tulis Tes Tulis Tes Tulis Asesmen Kinerja Proses Assesmen Kinerja Psikomotor Pengamatan perilaku berkarakter Pengamatan Keterampilan Sosial | soal tes essay no. 1 - 8 soal tes pilihan ganda no.1-20 Lembar penilaian Proses Lembar penilaian Proses Lembar Penilaian Kinerja Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial | 6 x 45’ | LKS 3.1a SMA: Kaitan antara struktur dan fungsi jaringan daun + Kunci LKS 3.1b SMA: Kaitan antara struktur dan fungsi jaringan batang + Kunci LKS 3.1c SMA: Kaitan antara struktur dan fungsi jaringan akar + Kunci LKS 3.2 SMA: Pengaruh konsentrasi garam terhadap plasmolisis sel + Kunci LKS 3.3 SMA: Sistem transport pada tumbuhan + Kunci Lembar Penilaian Proses Lembar Penilaian Kinerja Lembar Pengamatan Perilaku Berkarakter Lembar Pengamatan Keterampilan Sosial Kisi-kisi Soal Tes Silabus |
mas ada contoh silabus dan rpp yang seperti ni tapi yang kelas XII smt 1 g?kalo ad tlong dposting.
BalasHapus